Managing Information Technology (7th Edition) : Resume Chapter 5 Corporate System

SISTEM PERUSAHAAN

KONSEP KRITIS

Batch Processing versus Online Processing

Dalam penggunaan apliksi komputer terdapat batch processing dan online processing,dimana online processing merupakan pengembangan dari batch processing yang memiliki problem utama yaitu waktu pengolahahn yang tertunda karena master file diupate hanya di awal kerja,sehingga untuk menghindarinya dikembangkan online processing yang interaktif karena komputer memberikan respon ke pengguna sangat cepat. Tetapi masih ada beberapa inline sistemkarenamenyediakan entri data secara onlinetapi pengolahan transaksi yang sebenarnya ditangguhkan sampaibatch transaksi telah terakumulasi.

Sistem Informasi Fungsional/Functional Information Systems

Sistem informasi terdiri dari beberapa subsistem, setiap informasi menyediakan berbagai tugas dalam fungsi. Setiap subsistem fungsional terdiri dari beberapa sub sistem yang saling berkaitan. Sebagai contoh, sistem informasi produksi terdapat subsistem yang saling terkait untuk peramalan penjualan, produksiperencanaan, penjadwalan produksi, kebutuhan bahan perencanaan (MRP), kebutuhan kapasitas perencanaan, personil persyaratan perencanaan, pembelian bahan, dan persediaan.

Sistem informasi pemasaran mencakup subsistem untuk promosi dan iklan, pengembangan produk baru,peramalan penjualan, perencanaan produk, harga produk, riset pasar, dan informasi penjualan. akuntansi sistem informasi,dimana sistem fungsional akan mencakup versi komputerisasi dari seluruh jurnal dan buku besar sistem, ditambah biaya atau akuntansi tanggung jawab sistem dan sistem pelaporan keuangan untuk mempersiapkan laporan untuk pemegang saham dan kelompok eksternal lainnya.

Sistem Integrasi Vertikal / Vertical Integration of Systems

Suatu sistem yang melayani lebih dari satu vertikal tingkat dalam sebuah organisasi atau industri disebut sistem informasi vertikal yang terintegrasi. Misalnya dalam satu perusahaan, sistem informasi penjualan terintegrasi secara vertikal pada data penjualan awal dan menghasilkan faktur, meringkasdata secara mingguan untuk digunakan oleh manajer menengah, penjualan barang secara produktifdan tidak produktif (bertindak sebagai sistem pendukung keputusan) dan selanjutnya menganalisis data ini untuk tren jangka panjang yang digunakan oleh manajer puncak dalam menentukan strategiarah (bertindak sebagai sistem informasi eksekutif).

Distributed Systems/SistemDistribusi

Sistem distribusidisebut data distribusipengolahan, mengacu pada cara peralihan dariaplikasi tradisional seperti pemrosesan transaksiatau sistem pendukung keputusan. Dengan sistem terdistribusi,kekuatan pemrosesan didistribusikan ke beberapa situs yangkemudian disatukan melalui jalur telekomunikasi.

Client/Server Systems

Sistem client/server dikenal sebgaai sistem distribusi pada tahun 1990an. Dengan sistem ini, kekuatan pemrosesan didistribusikan dengan komputer server pusat, seperti komputer midrange atau workstation yang kuat dan jumlah komputer klien dengan desktop yang mikrokomputer. Perpecahan dalam tanggung jawab antara server dan klien bervariasi dari aplikasi ke aplikasi, tapi klien biasanya menyediakan pengguna grafis antarmuka (GUI), menerima entri data, dan menampilkan output langsung, sementara server memelihara database dikompensasi dengan data baru yang diproses.

Ada beberapa karakteristik sistem client/server : Pertama, blok bangunan klien, biasanya berjalan pada PC, menangani user interface dan memiliki kemampuan untuk mengakses layanan didistribusikan melalui jaringan. Kedua, Server blok bangunan biasanya berjalan pada mesin yang lebih besar (PC high-end, workstation, komputer midrange, atau bahkan mainframe). Ketiga adalah middleware yang mencakup semua software yang dibutuhkan untuk interaksi dukungan antara klien dan server.

Middleware dapat dibagi menjadi tiga kategori software: sistem operasi server, transportasi tumpukan software, dan perangkat lunak khusus layanan. Server operasi sistem juga disebut sistem operasi jaringan, memiliki tugas menciptakan sistem gambar tunggal untuk semua layanan di jaringan sehingga sistem transparan untuk pengguna dan bahkan programmer aplikasi. operasi server utama sistem meliputi beberapa variasi Microsoft Windows Server, beberapa variasi UNIX, dan Linux. Mengangkut software stack komunikasi mempekerjakan protokol tertentu, seperti Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP) untuk dikirim di seluruhjaringan.

Sistem operasi server meliputi beberapa elemen dari perangkat lunak transportasi stack dan produk middleware seperti yang digunakan untuk melaksanakan layanan tertentu, seperti surat elektronik atau World Wide Web atau Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Virtualisasi/Virtualization

Layanan IT disampaikanmelalui virtualisasi. Dengan virtualisasi server, server fisik dibagi menjadibeberapa server virtual. Setiap server virtual dapat berjalan sendiridengansistem operasi penuhdan sistem operasibisa berbeda dari satu server virtual dengan virtual berikutnya. server fisik biasanya menjalankan program hypervisor untukmembuat server virtual dan mengelola sumber daya berbagai sistem operasi. Kemudian masingmasing server virtual sebagai olah server fisik yang berdiri sendiri, sehinggamengurangi jumlah server fisik yang dibutuhkan dalam IT.

Service Oriented Architecture and Web Services

Arsitektur berorientasi layanan (SOA) adalaharsitektur aplikasi berbasis pada koleksi fungsiatau jasadi mana layanan ini dapat berkomunikasi (atau menjaditerhubung) dengan satu sama lain. Layanan adalah fungsi yangdidefinisikan dengan baik dan mandiri dan tidak tergantungpada konteks atau kondisi pelayanan lainnya.Keuntungan utama dari SOA adalah bahwa setelah layanandiciptakan, mereka dapat digunakan berulang-ulang di berbagaikoneksi aplikasi yang bervariasi.

TRANSACTION PROCESSING SYSTEMS

Sistem penggajian/ Payroll System

Subsistem dalam sistem penggajian bertujuan untuk:

  • Proses penggajian, termasuk memperbarui tahun kemaster file tanggaldata capture jambekerja
  • Menambah /menghapus karyawan
  • Informasi perubahan pengurangan bagi karyawan
  • Tingkat perubahan upah dan gaji
  • Penciptaanpembaruan awal tahun file induk
  • Menghitung dan cetak gaji total untuk periode pembayaran,kuartal, dan tahun
  • Menghitung dan cetak laporan pajak untuk periode pembayaran,kuartal, dan tahun
  • Menghitung danmelaporkan pemotongan untuk membayarperiode, kuartal, dan tahun
  • Menghitung dan mencetak bentuk W-2 di akhir tahun
  • Terhubung dengan sistem informasi sumber daya manusia
  • Terhubung dengan sistem informasi anggaran

Order Entry System

Sebuah varian sistem entry order memiliki peran penting yaitusistem antarorganisasi di mana pesanan ditempatkanlangsung oleh pelanggan atau komputer pelanggan.

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SYSTEMS

Sistem ERP adalah seperangkat aplikasi bisnis terintegrasi,atau modulyang melaksanakan fungsi bisnis umumseperti akuntansi buku besar, hutang,piutang, kebutuhan bahan perencanaan, manajemen, inventory control, dan pengelolaan sumber daya manusia. Pertama, modul ERP yang terintegrasi, terutamamelalui seperangkat definisi dan Database umum. Kedua, modul ERP telah dirancang untuk mencerminkancara tertentu untuk melakukan set proses bisnis tertentu.

Sistem ERP

SAP ERP terdiri dari empat set modul utamayaituSAPsolusikeuangan,manajemen sumber daya manusia, operasional, dan perusahaanjasa. Selain modul di SAP ERP, aplikasi lainnya yang tersedia di rangkaianbisnisSAP yaitumanajemen hubungan pelanggan (CRM), siklus hidup produkmanajemen (PLM), suplai rantai manajemen (SCM), dan manajemen hubungan pemasok (SRM),

Pada aplikasi SRM, kemampuankolaborasi pemasokmemungkinkan pertukaran dokumen elektronik dalam format dengan pemasok dan menyediakan alat untukmembuat dan mengelola sebuah portal pemasok, pada CRM, kemampuan saluran webmemungkinkan menjalankan bussines to busines(B2B) atau bussines to business consumen (B2C).

Melalui aplikasi PLM, kemampuan manajemen aset perusahaanmendukung pemilihan, pembelian, daninstalasi peralatan, melacak biaya individu,aktiva dan mengumpulkan biaya seperti yang diinginkan dan membantu dalammenentukan waktu yang optimal untuk mengganti peralatan.

DATA WAREHOUSING/ DATA PERGUDANGAN

Data warehouseterdiri dari perangkat keras (server, storage) dan perangkat lunak(sistem operasi, sistem manajemen database,data software pergudanganlain)di mana perangkat lunak secara khusus memilikipra-instal dan pra-dioptimalkan untuk datapergudangan. peralatan data warehousing di pasartermasuk Hewlett-Packard Neoview, IBM InfoSphereGudang yang seimbang, Netezza TwinFin, Oracle SunOracle Database Machine, Sybase IQ, dan Data TeradataGudang Appliance.

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SYSTEMS / HUBUNGAN SISTEMMANAJEMENPELANGGAN

Sebuah sistem CRM mencoba memberikanpendekatan terpadu untuk semua aspek interaksi perusahaandengan pelanggantermasuk pemasaran, penjualan, danmendukung. Tujuan dari sistem CRM adalah penggunaan teknologi untukmenempa hubungan yang kuat antara bisnis dan perusahaanpelanggan.

OFFICE AUTOMATION

Otomatisasi kantor mengacu pada satu setaplikasiterkait jauh dari kantortermasuk telepon (internet, pesan suara, konferensi video, elektronikemail dan variannya), pengolah kata, menyalin,desktop publishing, kalender elektronik, dan dokumenpencitraan, bersama dengan persiapan dokumen, penyimpanan, danberbagi.

Videoconferencing/ Konferensi video

Video Conferencing memungkinkan tatap mukaatau lebih tepatpertemuan gambar dengan gambar dan konferensi tanpaperlu untuk mahal dan memakan waktu.

Electronic Mail

Sistem Surat elektronik (e-mail) mengizinkan komunikasi cepat pada jaringanmenghilangkan tag telepon yaitu dengan menggabungkan fitur seperti mengirim catatan ke daftar distribusi, forwardingcatatan untuk orang lain dengan pesan ditambahkan,membalas catatan tanpa memasukkan alamatlagi dan pengajuancatatan dalam file folder elektronik untuk mengingat.

GROUPWARE AND COLLABORATION

Groupware adalah istilah industri yang mengacu pada perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung kelompok-kelompok dengan memfasilitasi kolaborasi,komunikasi, dan koordinasi. Saat ini istilahkolaborasi atau frase lingkungan kolaboratif sering digunakan sebagai sinonim untuk groupware.beberapa fitur groupwaresepertisurat elektronik, papan buletin elektronik,konferensi komputer, kalender elektronik, kelompokpenjadwalan, dokumen berbagi, papan tulis elektronik,ruang kerjabersama, rapat sistem pendukung, alur kerjarouting, formulir elektronik, telepon Internet, desktop video conferencing, sistem manajemen pembelajaran, komunikasiterpadudan IM.

Contoh Sistem Groupware: Lotus Notes

Lotus Development Corporationadalah paketspreadsheet dominanpada tahun 1980 dan awal 1990-an.Pengguna dapat mengkonfigurasi halaman selamat datang dari Catatan Lotussesuai dengan keinginan mereka, file mail pengguna merupakan database Catatan. Setiap databaseberisi kumpulan dokumen yang berkaitandengan topik yang sama. Lotus Notes adalah klien / serversistem, dengan file besar (database) yang tersimpan di server Lotus panggilan “server Domino didukung oleh Catatan.” pengguna dapat memilihuntuk menyimpan database pada hard drive PCtapi menguasaisalinan database perusahaan dan departemen dokumen besar yang disimpan di server sehingga memungkinkan perusahaan untukmenciptakan aplikasi Notes mereka sendiri disesuaikan karena adanyakebutuhan.

INTRANETS AND PORTALS

Intranet adalah jaringan beroperasi di dalam suatu organisasiyang mempekerjakan protokol TCP / IP, protokol yang samadigunakan di Internet.Intranet menyajikan beberapa keuntungan yang luar biasa untukorganisasi. Intranet berfungsisebagai alat komunikasi yang berharga antara organisasidan karyawan dan antara karyawan sertarepositori informasi organisasi.Internet dapat menggabungkan direktori organisasi untuk menemukanalamat e-mail dan nomor telepon bahkan mungkinmenemukan orang lain dalam organisasi yang luas dengan keahliantertentu. Software portalmenyediakanstruktur dan akses sehingga lebih mudah untuk informasi internal melaluiWeb browser. menambahkan Software ini berarti intranet intranet menjadilebih mahal.

FACTORY AUTOMATION

(1) Numerikmesin dikontrol menggunakan program komputeratautape dengan menekan lubang di dalamnya untuk mengontrol pergerakanalat pada mesin canggih dan (2) Materipersyaratan sistem perencanaan (MRP) yang mengandalkaninput data yang luas untuk menghasilkan jadwal produksi untukpabrik dan jadwal bahan baku yang dibutuhkan.

Engineering Systems

Komputer rekayasa (CAE) adalah suatu sistemdirancang untuk menganalisis karakteristik fungsional daridesain dan mensimulasikan kinerja produk di bawahberbagai kondisi untuk mengurangi kebutuhan untuk membangunprototipe.

CAD / CAEsistemmenyimpan informasi mereka menghasilkan dalam databaseyang bersama dengan komponen lain dari CIM,sistem teknologi Group (GT) bagian kelompok logis sesuai dengan karakteristik fisik, mesinroutings melalui pabrik, dan mesin operasiyang sama.

Manufacturing Administration

Sumber daya manufaktur sistemperencanaan (MRP II) biasanya memiliki tiga komponen utama: masterjadwal produksi, bahan perencanaan kebutuhan, dan pengendalian lantai toko.

Factory Operations

Komputer manufaktur (CAM) adalah penggunaankomputer untuk mengontrol proses manufaktur.Jaringan komunikasi manufaktur mungkinuntuk mempekerjakan Protokol Manufacturing Automation(MAP), dipelopori oleh General Motors dan sekarang diterima olehhampir semua produsen utama dan vendor.

Robotics

Robotika merupakan salah satu aspek lain dariotomatisasi pabrik yang patut disebutkan.Selama lebih dari duadekade, robot telah penting dalam manufaktur untukmenyelesaikan tugas-tugas sederhana namun penting,Robot melakukan tugas yang berulang tanpa kenal lelah, konsisten menghasilkanoutput berkualitas lebih tinggi dari manusia.

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT SYSTEMS/ RANTAI SISTEM MANAJEMEN PEMASOK

Sistem manajemen rantai suplai (SCM) yangdirancang untuk menangani pengadaan komponenperusahaan membuat produk atau layanan dan gerakan dan distribusi komponen danproduk jadi di seluruh rantai. Dimulai dengan perencanaan berarti mengembangkan strategidenganmetrik yang tepatuntuk mengelola semua sumber daya yangdibutuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggan baik produk ataulayanan. Sourcing adalah memilih pemasok untuksumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa serta harga, pengiriman, pembayaran danproses manajemen persediaan sumber daya tersebut.Keputusan adalah langkah manufaktur termasuk penjadwalankegiatan yang diperlukan. Menyampaikan adalah terkait logistikdengan mendapatkan produk atau layanan kepadapelanggan dan kembali menciptakan prosedur untukpenanganan produk cacat dan kelebihan dan mendukungpelanggan yang memiliki masalah.

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE